ALASAN PENTING KENAPA HARUS BETERNAK AYAM DAN JUAL HASIL TERNAK DI PADI UMKM BAGIAN II

Hasil peternakan

Hasil peternakan yang baik dan bagus kualitasnya akan memberikan dampak sangat baik ke depannya bagi para pembeli untuk siap mengunjungi toko online anda dalam membeli produk yang diinginkan. Memulai bisnis usaha peternakan ayam dan menjual hasil peternakannya di PaDi UMKM dapat menjadi solusi utama untuk anda yang ingin mendapatkan pembeli pasti. Inilah alasannya kenapa anda harus memulai usaha bisnis peternakan ayam dan menjual hasil peternakan di pasar digital umkm yang dikutip dari pak tani digital com.

Alasan keenam memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Perputaran uang berlangsung cepat, Zukarnain (2008) mengatakan bahwa populasi minimal yang dimiliki masyarakat/petani untuk meningkatkan pendapatannya adalah 100 ekor untuk breeding (petelur) ayam dan 500 ekor untuk budidaya. Dengan skala usaha seperti itu maka bagi peternak breeding akan mendapat penghasilan bersih rata-rata per bulan Rp. 1.800.000.  Sedangkan untuk yang budidaya dengan jumlah populasi sebanyak 500 ekor akan mendapat penghasilan bersih Rp2.400.000,- per bulan.

Alasan ketujuh memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Beternak ayam Kampung dapat dilakukan di pekarangan rumah, Usaha peternakan ayam kampung yang jika dilakukan di pekarangan rumah akan bergantung pada luas pekarangan. Adapun luas yang dibuat dapat menampung populasi dengan jumlah 500 ekor hingga 6000 ribu ekor.

Alasan ke delapan memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Beternak ayam kampung membuka lapangan usaha bagi kaum perempuan, Menurut Zubir (2003) beberapa daerah di Provinsi Jambi, wanita lebih berperan dalam perihal pemeliharaan ternak. Wanita lebih dominan terhadap kegiatan pascapanen, pemasaran dan penyimpanan uang hasil penjualan.

Alasan kesembilan memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Berpeluang besar ditingkatkan secara intensif, Pada umumnya, usaha beternak ayam kampung masih memakai cara tradisional. Namun, apabila usaha peternakan dikembangkan secara intensif akan lebih meningkatkan produktivitas ayam kampung dengan siklus produksi yang lebih banyak dalam setahun.

Alasan sepuluh memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Unggul dalam cita rasa, Munculnya berbagai rumah makan, restoran, dan gerai yang menyajikan ayam kampung memperlihatkan keunggulan cita rasa ayam kampung yang tidak tergantikan di lidah konsumen. Keyakinan konsumen yang demikian kuat bahwa rasa daging ayam kampung lebih enak dibandingkan ayam ras merupakan keuntungan dalam hal pemasaran. Peternak ayam kampung dan rumah makan atau restoran yang menyajikan daging ayam kampung tak pernah sepi order.

Alasan sebelas memulai usaha beternak ayam dan jual hasil peternakan di pasar digital UMKM yaitu Menciptakan kedaulatan di bidang pangan, Inilah alasan beternak ayam kampung yang terakhir. Hampir 70% kebutuhan daging ayam dalam negeri dipenuhi dari ayam ras pedaging. Tetapi industri peternakan ayam ras masih sangat bergantung pada pasokan bibit dan bahan baku pakan dari luar negeri sehingga kurang mampu menjaga kedaulatan pangan masyarakat Indonesia. Kita perlu memacu produktivitas dan kualitas produk serta memberdayakan sumber daya lokal seperti ayam kampung.  Ayam kampung merupakan tulang punggung perekonomian masyarakat, khususnya di perdesaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.