Ide Usaha Modal Kecil Bisa Untung Besar, Cocok Untuk Ibu-ibu

investasi UMKM

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemic covid-19 memang sangat memukul sector perekonomian. Kita tentu bisa melihat dari banyaknya karyawan atau pekerja yang di phk, bahkan mungkin Anda mengalaminya sendiri. Meski begitu kita tidak boleh berputus asa, sebab masih banyak peluang usaha dengan modal kecil namun bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Memulai bisnis atau usaha tidak selalu menjadi hal yang sulit dan membutuhkan modal besar, bahkan ibu rumah tanggapun bisa memulainya dengan modal kecil. Bila Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin memulai usaha kini telah hadir banyak fintech / lembaga keuangan yang bisa meminjamkan sejumlah dana.

Amartha merupakan salah satu fintech yang memfokuskan pada investasi UMKM agar dapat berkembang demi mendukung perekonomian bangsa. Fintech Amartha menargetkan permodalannya kepada kalangan ibu rumah tangga yang ingin memulai bisnis maupun yang tengah menjalankan usaha.

Rekomendasi Ide Usaha Modal Kecil Untung Besar Untuk Ibu Rumah Tangga

Lantas bila kita sudah tidak terlalu dipusingkan lagi dengan modal, usaha / bisnis apa yang bisa kita jalankan khususnya untuk ibu rumah tangga? Usaha dengan modal kecil juga cocok untuk pemula yang minim pengalaman, selain itu juga lebih minim resiko. Berikut beberapa rekomendasi usaha modal kecil yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga :

1. Usaha jasa titip (jastip)

Bila Anda cukup sering bepergian ke luar kota, bisnis jastip atau jasa titip bisa menjadi pilihannya. Dengan semakin berkembangnya media social, usaha seperti ini juga semakin banyak diminati. Bahkan kita bisa memulainya tanpa modal sekalipun apabila customer langsung membayar barang yang ingin ia beli melalui Anda.

Namun tentunya customer harus sudah benar-benar percaya dengan Anda atau masih kerabat maupun teman dekat. Anda bisa menyediakan jastip untuk beberapa produk seperti kosmetik, pakaian, makanan, furniture, dsb yang menjadi khas sebuah tempat atau kota.

2. Dropshipper

Bila Anda mempunyai akses internet dan gadget yang mendukung, memulai bisnis dropshipper bisa menjadi pilihan selanjutnya. Terlebih lagi bila Anda pintar dalam berdagang, ini bisa menjadi bisnis tanpa modal dan tidak memerlukan tempat. Hal terpenting disini adalah Anda mempunyai link supplier produk yang bisa diajak bekerja sama.

Nantinya Anda hanya perlu mempromosikan produk yang dijual oleh supplier semenarik mungkin melalui social media maupun platform jual beli lainnya. Ketika ada pesanan nantinya Anda hanya perlu meneruskan pesanan tersebut ke supplier. Kemudian supplier yang akan memproses dan mengirimkannya ke pembeli Anda.

3. Bisnis camilan

Tempat tinggal Anda berada di sekitar kampus besar atau di pusat kota, bisnis jualan makanan ringan bisa menjadi rekomendasi selanjutnya. Bila Anda tidak terlalu yakin diawal, mulai saja dengan modal 100 ribu lebih dulu. Bisnis satu ini memang bisa kita mulai dengan modal kecil, yang terpenting disini adalah bagaimana promosi Anda nantinya.

Bagi sebagian orang, camilan merupakan hal wajib untuk menemani aktivitas mulai dari belajar, bekerja, nonton film maupun sekedar ingin ngemil saja. Anda bisa membeli bahan mentah untuk diolah menjadi camilan yang unik, untuk kemasannya sendiri sudah banyak yang menjual belikannya. Bahkan beberapa produsen kemasan menyediakan kemasan produk yang bisa Anda custom sendiri.

4. Bisnis kemitraan atau kerjasama dengan franchise terkenal

Bisnis waralaba atau yang kita kenal dengan franchise bisa menjadi rekomendasi selanjutnya. Bisnis yang satu ini bisa dijalankan dengan model kerjasama atau kemitraan, pastikan kita memilih perusahaan yang produknya sudah cukup terkenal. Dengan begitu Anda tidak perlu terlalu bersusah payah untuk memasarkan produknya.

Bisnis dengan model seperti ini sebenarnya sudah cukup lama berkembang di Indonesia, namun sebagian orang masih menganggap untuk memulainya membutuhkan modal besar. Fanchise seperti jasa laundry pakaian, jasa kirim barang, distributor kosmetik, produk perawatan, dsb sudah banyak menawarkan program kemitraan.

5. Bisnis Kaos Pre Order

Bisnis di bidang fashion merupakan salah satu bisnis yang tidak ada surutnya, namun banyak orang menganggap untuk memulainya butuh modal yang besar. Namun nyatanya kita bisa memulainya dengan partai kecil dengan cara pre order, dengan begitu Anda bisa menekan biaya produksi.

Anda hanya akan membuat kaos sesuai dengan pesanan saja, dan bila ingin meningkatkan produksi Anda bisa membuat batas minimal pemesanan. Kita bisa membuat kaos yang unik atau bahkan dicustom sesuai keinginan pembeli. Selanjutnya hanya tinggal seberapa menarik promosi yang dilakukan dan bagaimana Anda mengerjakan pesanan sebaik mungkin.

Selain beberapa rekomendasi bisnis diatas, bila kita mempunyai sedikit modal kita bisa menginvestasikan modal tersebut. Sebab kini Amartha juga mempunyai program #100RibuSejutaPeluang dimana Anda bisa berinvestasi mulai dari 100 ribu saja untuk pengembangan UMKM khususnya untuk kalangan ibu rumah tangga.

Dengan 100 ribu yang Anda investasikan melalui Amartha akan membantu mewujudkan Sejuta Peluang untuk pengembangan UMKM di Indonesia. Cukup dengan modal kecil Anda sudah bisa menjadi investor dengan pembagian hasil yang cukup lumayan.

Tentunya disini Anda tidak perlu memikirkan bagaimana modal tersebut akan diputar, karena Anda hanya tinggal menunggu pembagian hasilnya nanti. Untuk info lebih lengkap mengenai program #100RibuSejutaPeluang Amartha Anda bisa mengunjunginya di https://amartha.com/ dan jangan ragu untuk bergabung dalam memajukan UMKM Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.