6 Tanda Tanda Menstruasi yang Akan Kamu Alami

Tanda Tanda Menstruasi

Setiap cewek yang sudah memasuki usia dewasa atau baligh sudah pasti akan mengalami menstruasi dan berbagai perubahan fisik lain. Jika ada perubahan fisik yang ada di tubuhmu tentu kamu akan mengenali dengan mudah, tapi banyak diantara kalian yang kadang melewatkan tanda tanda menstruasi akan datang. Tanda tanda menstruasi yang muncul sebenarnya bisa menjadi alarm dimana kamu harus prepare pembalut ataupun tampon untuk mencegah kebocoran saat aktivitas di luar.

Selain menandai kalender, kamu juga harus ingat tanda tanda menstruasi yang akan kamu alami setiap kali akan menstruasi. Nah kali ini kita akan mengulas tanda tanda tersebut secara umum, sehingga harapannya nanti kalian bisa prepare hal-hal yang perlu kamu lakukan.

Mengenal Tanda Tanda Mentruasi Akan Datang Padamu

Menstruasi yang terjadi pada cewek usia 10 hingga 15 tahun, kalaupun terlewat dari umur itu kamu harus segera memeriksakan kondisi organ vitalmu. Dan seperti yang kita tau menstruasi sebenarnya datangnya tidak tiba-tiba. Dimana ada tanda tanda menstruasi yang bisa kamu kenali dengan mudah, karena kamu akan merasakannya.

  • Terjadi Perubahan Fisik

Saat menstruasi akan datang maka yang akan kamu rasakan pertama adalah adanya perubahan fisik. Dimana payudara menjadi lebih kencang dan tegang, kemudian tubuh kamu juga menjadi lebih sensitive dan lebih terbentuk.

  • Mengalami Keputihan

Keputihan juga bisa menjadi salah satu tanda tanda menstruasi akan datang yaa. Dimana lendir tersebut akan keluar dari organ vitalmu dengan warna putih yang tidak berbau. Tenang saja keputihan itu normal, karena itu merupakan respon tubuh terutama organ vital terhadap kondisi sekitarnya. Bisa pula sebagai cara tubuh untuk membersihkan bakteri yang ada disana.

Nah saat menstruasi akan datang tiga hari sebelum kamu akan mengalami keputihan yang bisa terbulang normal untuk kamu alami.

Selain itu keputihan juga menjadi tanda kalau sistem reproduksi kamu sudah matang. Lalu setelah itu karena tidak ada proses pembuahan maka dinding sel darah yang ada di rahimmu akan meluruh dan itulah yang kita kenal dengan menstruasi.

  • Kamu Mengalami Perubahan Emosi

Selain fisik yang menjadi lebih sensitive, emosi kamu juga akan lebih sensitive loh. Dimana kamu menjadi lebih emosional, gampang marah, gampang cengeng padahal penyebabnya adalah hal yang sepele.

Hal ini tentunya terjadi karena hormon kamu sedang berubah dan kadarnya menjadi lebih tinggi pada beberapa jenis hormon. Terutama hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi kamu.

Kamu juga bisa menjadi lebih mudah tersinggung, labil, dan sulit sekali jika kamu mau mengontrol emosi padahal pada hari-hari biasa kamu bisa mengontrolnya. Nah biasanya setelah itulah kamu akan mengalami menstruasi dan harus kamu lalui sebagai hari-hari yang sangat sensitif yaa.

  • Muncul Flek

Saat menjelang waktumu menstruasi terkadang muncul flek yang warnanya kecoklatan yang  jumlahnya tidak banyak hanya seperti bercak saja. Kemudian besoknya flek tersebut akan berubah menjadi darah yang warnany merah agak gelap dan biasanya di hari-hari pertama volumenya akan sangat banyak.

Siklusnya yang berlangsung selama 7 sampai 14 hari mempunyai volume yang berbeda-beda, menjelang hari terakhir biasanya darah menstruasi akan berkurang hingga tidak ada sama sekali.

  • Nafsu Makan Bisa Meningkat dan Menurun Drastis

Kadar makanmu juga bisa menjadi tanda tanda menstruasi akan menjumpaimu. Nah biasanya cewek-cewek akan lebih banyak makan. Selain karena tubuh memang butuh nutrisi, tetapi juga bisa karena adanya perubahan yang berhubungan dengan hormon dan emosi.

Tapi pada beberapa kondisi karena mood sedang labil mereka jadi kurang nafsu makannya. Mereka akan lebih banyak diam karena merasa tidak punya nafsu makan. Biasanya hal ini terjadi tiga hari sebelum menstruasi dan akan kembali seiring terjadinya menstruasi yang butuh nutrisi banyak agar tubuh tidak lemas.

  • Badan Pegal-Pegal dan Mudah Capek

Capek setelah bekerja atau badan terasa pegal-pegal tentu beda yaa dengan apa yang akan kamu rasakan kalau menjelang menstruasi. Karena memang jika mau menstruasi badan bisa tanpa sebab terasa pegal-pegal dari mulai tangan, pinggang, kaki dan sebagainya.

Tentunya hal ini menjadikanmu akan lebih memilih untuk rebahan lebih banyak kan yaa. Tapi kamu juga bisa mengatasinya dengan mencoba lebih rileks, yoga, pemanasan dan peregangan lain yang bisa membantu tubuhmu rileks.

Nah itulah tadi tanda tanda menstruasi yang biasa akan kamu alami menjelang siklusnya. Jadi jangan berpikir yang aneh-aneh yaaa, kamu gak sakit hanya saja badanmu terasa tidak enak karena mau menstruasi saja. Jangan lupa bantu tubuh untuk mendapatkan nutrisi yang sehat yaa agar tubuh bisa lebih nyaman dan tidak kehabisan energi yaa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.